Berikut Daftar Makanan Mengandung Kolesterol dan Tips Mengendalikan Kolesterol

Huaaa.. uda lama ga posting, nah kali ini ane kasih artikel bagus gan… Berhubungan ane barusan medcheck dan hasilnya kolesterol agak tinggi, kita bahas tuntas tentang kolesterol.. semoga bermanfaat buat anda yang sedang menanti medical check up untuk tes masuk kerja ataupun untuk jaga kesehatan.. :D

Apa itu Kolesterol

Dalam tubuh terdapat lemak terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg, maka penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal. Berikut beberapa tips agar Anda dapat mengontrol kolesterol dalam darah.

Tips Mengendalikan Kolesterol

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan kolesterol Anda:

  • Diet

    Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

  • Hindari alkohol dan merokok

    Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

  • Olahraga

    Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga agar berat tubuh Anda tetap ideal.

  • Konsumsi makanan berserat.

    Beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol adalah sebagai berikut:

    BAWANG PUTIH – Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara kontinyu selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%.Harap dosisnya diperhatikan benar! Jika terlalu banyak, tak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut, sebah, dan demam. Bahkan bisa memunculkan perdarahan lambung.


    TEMPE
     – Sekalipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Tempe memiliki kandungan niacin yang mampu menurunkan kolesterol. Tempe mengandung niacin 5 x lebih banyak daripada kedelai. Selain juga mengandung isoflavon yang sudah teruji bisa menurunkan kolesterol.

    TEH
     – Menurut penelitian, EGCG (epigallocatechin gallate), yaitu komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Artinya dengan mengonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, risiko penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung dapat dikurangi.

    ANGGUR
     – Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol.

    APEL
     – Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.

    ALPUKAT/AVOKAD
     – Selama ini avokad dikenal kaya akan lemak. Tak heran jika buah ini selalu dijauhi manakala kolesterol sedang tinggi, padahal avokad sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

    BLUEBERRY
     – Buah blueberry mungkin dapat dijadikan salah satu pengobatan alternatif dalam menurunkan kolesterol di tubuh kita. Karena penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika dengan menggunakan binatang pengerat memberikan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kolesterol.


    IKAN
     – Ikan sangat kaya asam lemak tak jenuh (omega3). Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, asam lemak ini juga mencegah terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

    Berdasarkan habitatnya terdapat dua golongan ikan; ikan air tawar dan ikan laut. Habitat ikan memengaruhi kandungan zat gizi ikan. Ikan air tawar kaya akan karbohidrat dan protein, sedangkan ikan laut kaya akan lemak tak jenuh, vitamin dan mineral.

    Tabel kandungan Asam Lemak Omega-3 per 100 gram
    Jenis ikan Asam Lemak Omega-3 (gram)
    Tuna 2,1
    Sardin 1,2
    Salmon 1,6
    Makarel 1,9
    Herring 1,2
    Teri 1,4
    Tongkol 1,5
    Tenggiri 2,6
    Tawes 1,5
    Kembung 2,2

Perhatikan pola makan anda. Berikut daftar makanan yang mengandung kolesterol mulai dari tingkat sehat dikonsumsi sampe yang berbahaya

Jenis Makanan Kolestrol
(mg/10 gr)
Kategori
Jenis makanan yang aman dikonsumsi karena kadar kolestrol yang rendah
Putih telur ayam 0 sehat
Teripang 0 sehat
Susu sapi non fat 0 sehat
Daging ayam / daging bebek pilihan tanpa kulit 50 sehat
Ikan air tawar 55 sehat
Daging sapi / daging babi pilihan tanpa lemak 60 sehat
Daging kelinci 65 sehat
Daging kambing tanpa lemak 70 sehat
Ikan ekor kuning 85 sehat
Jenis makanan yang boleh dikonsumsi sekali-kali
Daging asap (ham / smoke beef) 98 sekali-sekali
Iga sapi 100 sekali-sekali
Iga babi 105 sekali-sekali
Daging sapi 105 sekali-sekali
Burung dara 120 sekali-sekali
Ikan bawal 120 sekali-sekali
Jenis makanan yang perlu diperhatikan untuk dikonsumsi karena kadar kolestrol yang cukup tinggi
Daging sapi berlemak 125 hati-hati
Gajih sapi 130 hati-hati
Gajih kambing 130 hati-hati
Daging babi berlemak 130 hati-hati
Keju 140 hati-hati
Sosis daging 150 hati-hati
Kepiting 150 hati-hati
Udang 160 hati-hati
Kerang 160 hati-hati
Siput 160 hati-hati
Belut 185 hati-hati
Jenis makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang tinggi.
Santan 185 berbahaya
Gajih babi 200 berbahaya
Susu sapi 250 berbahaya
Susu sapi cream 280 berbahaya
Coklat 290 berbahaya
Margarin / Mentega 300 berbahaya
Jeroan sapi 380 berbahaya
Jeroan babi 420 berbahaya
Kerang putih / tiram 450 berbahaya
Jeroan kambing 610 berbahaya
Jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang sangat tinggi.
Cumi-cumi 1170 pantang
Kuning telur ayam 2000 pantang
Otak sapi 2300 pantang
Otak babi 3100 pantang
Telur burung puyuh 3640 pantang
Tabel Jumlah Kolestrol pada Makanan

Share1033

Baca juga :

About these ads

25 Tanggapan to “Berikut Daftar Makanan Mengandung Kolesterol dan Tips Mengendalikan Kolesterol”

  1. madaokira Says:

    thnk you so much google…..for your imformation…

  2. Romanisti Says:

    Artikel yang bermanfaat. Trims ya

  3. agus sudarmanto Says:

    untuk mencegah kelebihan
    kolesterol, prinsipnya hanya jujur, jujur pada diri sendiri
    jangan terlalu berlebihan krn yg berlebihan itu tidak baik, makan sesuai kebutuhan

  4. DEARLY Says:

    Thanks infox dan sgt berguna sekali….bro…???!!!!

  5. kanti wilujeng Says:

    Like it. Sangat bermanfaat sekali. Terimakasih

  6. gadgetsunik.net Says:

    sedikit susah menghindari makanan yang banyak mengandung kolesterol,cara yang simpel apa yaaa gan?
    apakah aada?
    kalau menurut saya,tidak semudah itu,karena semua butuh proses yang panjang.
    makasih

  7. grosir baju bali murah Says:

    terima kasih atas infonya ya sangat bermanfaat sekali

  8. gus bobby Says:

    ‘daging babi pilihan tanpa lemak’ masuk kategori sehat? kayaknya ngga banget deh, baik secara klinis maupun secara syar’i daging babi wajib dijauhi..

  9. theo Says:

    nice info. memang banyak makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan yang tidak kita ketahui. regards.

    Vamostech

  10. halim Says:

    mkasi infonya dan sangat bermanfaat buat saya

  11. halim Says:

    berarti alvokad campur dengan susu cokelat jg tdk bisa di komsumsi

  12. Ridwan Says:

    Tanks.post ini sangat bermanfaat

  13. hanung adiningsih Says:

    Ass,.
    Wah bru stngah jam yg llu check kolesterol trnyta 219mg, dg dnyut jntung81. Dan rencna ny bsk mw mkn cumi tp udh kdluan nemu artikel ini jd btal deh. bagus bgt & sngt mndetail. Trmksh info ny yh, sngt,,sngt brmnfaat. ^_^

  14. zv ariestalova Says:

    makasih info’y berguna bgt lho…. mga dgn bca artikel td qta smw bsa jga smw yg qta mkn….

  15. Kit Says:

    What a information of un-ambiguity and preserveness of precious
    familiarity on the topic of unexpected feelings.

  16. http://topmmanews.com/ Says:

    Thank you, I have just been searching for info about this subject for a long time and yours is the greatest I’ve came upon till now. However, what in regards to the conclusion? Are you sure in regards to the supply?

  17. RAHAYU RUSDIANI Says:

    Like it, thanks info nya……..

  18. bambang Says:

    Coklat itu memang kadar lemaknya tinggi (fitosterol) bukan kolestrol sangat baik kesehatan jantung, termasuk alpukat. Klu santan sebenarnya juga lemak yg baik, asal tdk sering dipanaskan dg suhumyg tinggi yg menyebabkan lemak baiknya pecah jadi lemak jahat

  19. Elita Says:

    Thanx banget ya….infonya sangat bermanfaat sekali.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: