Semua Tentang Jantung Koroner Lengkap

Hai, hai postingan kedua blog muslimshares nih. Kali ini kita bahas tentang kesehatan . Lebih spesifik lagi kesehatan jantung kita. Yuk kita kenali istilah jantung koroner dan operasi bypass jantung.

Ane punya pengalaman berharga ttg kesehatan jantung. Cerita singkatnya gini, pada pertengahan tahun 2013 ayah  menderita nyeri di dada yang super sakit. Awalnya diagnosa dokter di IGD RSUD setempat adalah akibat penyakit maag. Namun setelah didiagnosa lebih lanjut ternyata ayah divonis menderita CAD (Coroner Artery Desease). Sangat awam buat ane yang kebetulan bukan seorang tenaga medis. Dari hasil katerisasi, ternyata ada sekitar 6 pembuluh darah mengalami penyumbatan.  😦

Kemudian berlanjut menurut dokter, ayah tidak mampu lagi diobati dengan cara pasang ‘ring’ pada pembuluh darah yang tersumbat/mengalami penyempitan namun harus diberikan bantuan medis dengan operasi bypass pembuluh darah. 😦

Dari hasil diskusi lebih lanjut dengan keluarga dan masukan dari dokter, akhirnya ane, ibu, dan bapak menuju ke RS. Harapan Kita. dan alhamdulilah operasi bisa berjalan dengan lancar dan bapak sudah bisa beraktivitas normal. Alhamdulilah.

Baik kita mulai dengan pengertian penyakit jantung koroner

FAKTA DAN PENGERTIAN JANTUNG KORONER

WhatsApp Image 2018-05-28 at 08.04.23 (21)

jantung koroner muslimshares

WhatsApp Image 2018-05-28 at 08.04.23 (20)

fakta penyakit jantung muslimshares

Penyakit jantung koroner adalah suatu kelainan jantung berupa penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung. Yang ditandai dengan adanya endapan lemak yang berkumpul didalam sel yang melapisi dinding arteri koroner dan menyumbat aliran darah. Endapan lemak terbentuk secara bertahap dan tersebar di percabangan utama yang mengelilingi jantung dan menyediakan darang bagi jantung.

Baca entri selengkapnya »

Berburu Takjil Gratis di Masjid-Masjid Jogja

Bismillahrahmanirahmin…..

Halo, halo sobat blogger dimanapun anda berada, ketemu lagi nih di blog muslimshare.  Lama banget ya ga update blog. Pas ane cek postingan terakhir di blog tertanggal 26 Desember 2013, wow sudah 5 tahun. Untung masih inget passwordnya, hehe…

Oh ya, btw ane sedang berada di Jogja nih untuk melanjutkan studi dan sebentar lagi akan kembali ke Palembang karena tahun ini tahun terakhir di Jogja Insyallah.

Kebetulan juga sedang bulan Ramadhan, ane mau sharing perjalanan ane dan temen-temen selama di Jogja dalam berburu takjil di masjid-masjid di Jogja. Maklum namanya juga mahasiswa qaqa, nyari yang gratisan. Ibarat pepatah dimana ada gula disitu ada semut, dimana ada yang gratis yaa disitulah mahasiswa beredar 😀

Jadi buat kalian-kalian yang belum pernah nyoba Ramadhan di Jawa wal bil khusus di Jogja, seperti mengerti keluh kesah kehidupan mahasiswa, setiap warga berlomba-lomba memberikan takjil gratis di setiap masjid di Jogja. Ada yang mewah, ada juga yang sederhana…. Baiklah kali ini, ane dan tim akan membidik masjid-masjid dengan takjil yang lumayan mewah dan tentunya tidak menghilangkan nuansa Ramadhannya yakni kajian menjelang berbuka

Langsung saja ya, simak perjalanan tim pemburu takjil di setiap masjid di Jogja. Jadi masjid-masjid dibawah ini adalah masjid yang pernah dikunjungi oleh tim selama bulan Ramadhan hingga hari ke-20

Baca entri selengkapnya »

Refleksi 2013, Memaknai Tahun Baru

Happy New Year Blogger, selamat tahun baru 2014. Semoga ditahun ini kita bisa lebih baik lagi, lebih semangat, makin optimis, dan makin intens ibadah kepada-Nya.

Untuk menyambut tahun baru, ane ada artikel bagus sebagai bahan refleksi kita untuk menyambut  dan memaknai pergantian tahun. Ok, check this out…

tahun baru 2014 Baca entri selengkapnya »

Yuk Ambil Hikmah dari Membaca Al Quran : Sekeranjang Air Untuk Kakek

sekeranjang air muslimshares

sekeranjang air

Sekeranjang air untuk kakek

Seorang kakek sangat rajin membaca Al Quran tiap pagi. Dia selalu duduk di meja dapur dan membaca Qur’an-nya. Cucu laki-lakinya mencoba meniru sang kakek, dengan membaca Qur’an tiap pagi.

“Kakek, saya mencoba membaca Al Quran seperti kakek, tapi saya tidak pernah bisa mengerti. Setiap saat, saya mencoba untuk memahami, tapi setiap saya selesai membacanya dan menutup Qur’an, saya selalu lupa lagi. Apa untungnya membaca Qur’an ?”

Sang kakek terdiam, dan menjawab,“ Tolong ambilkan air dari sungai dengan keranjang ini, bawakan kakek sekeranjang air,”Sang cucu menuruti apa kata si kakek. Dia mengambil air dari sungai dengan keranjang. Tapi air selalu bocor dan habis sebelum sampai rumah. Kakek tertawa, dan mengatakan dia harus lebih cepat lain waktu. Sang cucu berlari dengan cepat, tapi tetap saja
keranjang akan kosong sebelum dia sampai rumah.Kehabisan nafas, cucu mengatakan bahwa tidak mungkin membawa sekeranjang air, dia lalu mencoba mengambil sebuah ember untuk mengambil air.

Baca entri selengkapnya »

Yuk Kita Intip Tips Memilih Pom Bensin


Sangat Bermanfaat nih. Monggo gan, disimak sampe tuntas tips memilih pom bensin yang baik.
Tips Pertama : LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua-nya 1)Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa mengetahuinya ?
Berikut ini ane kasih info tips buat isi di Pom Bensin yang bagus:Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan.Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang penting angka keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah .Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com

Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua 1)  takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda “PASTI PAS”. Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1 ) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.

cara buktiinya:

Baca entri selengkapnya »

Tausiyah Pagi : Hidup Tak Selamanya Berjalan Mulus

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Halo agan2, sobat blogger yang selalu diridho oleh Allah SWT. Semoga senantiasa sehat wal-afiat. Udah lama sekali ane tidak posting di blog ya. Sampe-sampe pagerank ane turun jadi 2. Hehe..

Oke, postingan kali ini cukup singkat. Semoga bisa saling mengingatkan ya karena hidup kita ta selamanya berjalan mulus.

Gambar

Hidup Tak Selamanya Berjalan Mulus…

• Butuh Batu Kerikil supaya kita berHati-Hati

• Butuh Semak Berduri supaya kita Waspada

• Butuh Persimpangan supaya kita Bijaksana dalam memilih

• Butuh Petunjuk Jalan supaya kita punya Harapan tentang arah masa depan.

» Hidup butuh Masalah supaya kita tahu kita punya Kekuatan

» Butuh Pengorbanan supaya kita tahu cara Bekerja Keras

» Butuh Airmata supaya kita tahu meRendahkan Hati

» Butuh diCela supaya kita tahu bagaimana Cara Menghargai

» Butuh Tertawa supaya kita tahu Mengucap Syukur

» Butuh Senyum supaya kita tahu kita Punya Cinta

» Butuh Orang Lain supaya kita tahu kita Tak Sendiri..

Mesh, Definisi dan Konversi ke Milimeter

Buat non engineer, pasti cukup asing sama satuan Mesh. Buat engineer, terutama chemical engineer uda sering didengung2kan satuan mesh ini di pelajaran OTK.

Ok, buat yang belum pernah denger tapi ini penting buat kehidupan sehari-hari. Kita bahas tuntas, definisi dan cara mengkonversi satuan mesh ke milimeter.

Definisi mesh menurut om Perry sbb :

Mesh and Space Cloth Wire cloth is generally specified by“mesh”, which is the number of openings per linear inch counting from the center of any wire to a point exactly 25.4 mm (1 in) distant, or by an opening specified in inches or millimeters, which is understood to be the clear opening or space between the wires. Mesh is generally favored for cloth 2 mesh and finer and clear opening for space cloth of 12.7-mm (a-in) opening and coarser

Sieves are often referred to their mesh size, which is a number of wires per linear unit. Electroformed sieves with square or round apertures and tolerances of ±2 μm are also available

Masih bingung??

Sederhananya, mesh adalah jumlah lubang yang terdapat dalam ayakan  tiap 1 inchi persegi, Jadi kalo ada ayakan yang ada keterangan 5 mesh artinya tiap 1 inchi persegi terdapat 5 lubang. Kesimpulannya, makin besar jumlah mesh berarti ukuran lubang akan semakin kecil.

Pada prakteknya, di pabrik Pupuk Urea pun perlu pengetahuan tentang mesh untuk mengetahui size distribution Urea. Pupuk Urea diayak pada ukuran 6, 18, 25 mesh. Dan biasanya untuk  tiap ayakan ada keterangan sbb : Size.Dist No. -6 + 18 artinya partikel yang diayak akan lolos pada ayakan 6 mesh dan tertahan di ayakan 18 mesh.

Baca entri selengkapnya »

%d blogger menyukai ini: