Mobil Listrik Karya Mahasiswa ITS, EC ITS [Lengkap dengan Gallery Foto]

Mendikbud berkesempatan sebagai launcher untuk mobil ITS

Mendikbud, Pak Nuh yang juga alumni ITS dalam peresmian mobil listrik ITS

ITS kembali membuktikan sebagai kampus pusat teknologi di Indonesia yang penuh prestasi. Kali ini, para civitas akademika ITS unjuk diri dengan mempersembahkan karya fenomenal berupa sebuah mobil listrik jenis 4-Seater Electric City Car yang secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud) RI, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA.

Bertempat di halaman Gedung Rektorat ITS, mantan rektor ITS ini juga diberi kepercayaan untuk memberikan nama terhadap mobil listrik yaitu EC (baca: easy yang berarti mudah, red) ITS 1.0. Kata ITS 1.0 mengartikan bahwa mobil listrik ini karya anak ITS versi pertama..

Untuk komponen utama dari EC-ITS 1.0 sendiri hampir seluruhnya buatan anak ITS. Mulai dari sistem penggerak, platform, body design, hingga sistem kontrol. Hanya baterai dan motor saja yang terpaksa harus beli karena penelitian yang dilakukan masih belum selesai. “Nantinya seluruh komponen mobil ini murni dari ITS,” jelas Dr Muhammad Nur Yuniarto, dosen pembimbing yang juga inisiator proyek mobil listrik ITS ini.

Suangar tenan arek ITS iki. *2 jempol*

Berikut foto-foto saat peresmian EC ITS

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Wisata Gunung Dempo, Informasi Lengkap dan Gallery Foto

Posting pertama ane di tahun 2013!

Selamat tahun baru semua bloggie, menjelang menutup tahun baru 2012 yang lalu. Ane punya cerita tentang liburan ke salah satu wisata alam paling indah di Indonesia, di Sumatera bagian Selatan.

Bagi kalian yang suka wisata ke gunung, sebaiknya perlu mencoba spot yang ini.  Yup, Gunung Dempo di kota Pagaralam. Spot ini sangat layak dikunjungi karena memberikan sensasi yang alami dengan hamparan kebun teh. Anda pun bisa bermalam di kaki gunng atau bahkan diatas gunung karena disediakan banyak penginapan dengan beragam fasilitas.

gunung dempo di pagaralam

gunung dempo di pagaralam

Kalo kalian di kota Palembang bakal menempuh perjalanan darat sekitar 8 jam. Untuk  sampai ke kota Pagaralam, bisa ditempuh dengan bus ataupun travel.  Ada banyak  macem2 travel, ane share sedikit ya yang ane tau… travel Anugrah 0711 803 1992, Sinar Dempo 085219926262 dengan  ongkos 90ribu. Nah, kalo emang anda backpacker yang mau transit dulu ke kota Lahat bisa naik travel Lahat Wisata 0711 354396 dengan ongkos 60 ribu, Lahat – Pagaralam bisa disambung pake mobil angkutan di depan RSUD Lahat.

Selama perjalanan anda bisa menikmati perjalanan dengan view yang sangat memanjakan mata plus kuliner yang nendang di lidah aapalagi kebetulan pas lagi musim duren. Lemak nian rasonyo. 🙂

around pagaralam trip

around pagaralam trip

sensasi durian pagaralam

sensasi durian pagaralam

Baca entri selengkapnya »

Panduan Itikaf di Bulan Ramadhan

Sepuluh hari terakhir Ramadhan identik dengan Itikaf. Nah, ramadhan tahun ini di salah satu masjid di deket kontrakan saat mau ambil kupon sahur (ceritanya di masjid ini ada gratis sahur untuk peserta itikaf),  saya dikasih selembar kertas yang isinya mengulas tentang Panduan Itikaf di Ramadhan. Buat temen-temen yang belum banyak tau tentang apa itu itikaf, adab itikaf, waktu itikaf, apa yang ga boleh dan apa yang boleh saat itikaf ada semua dibahas di artikel ini. Sedikit sharing buat temen-temen, semoga semakin banyak yang itikaf di masjid

Selamat membaca,  semoga bermanfaat dan semoga kita semua mendapatkan malam Lailatul Qodar. Amiiin

Apa itu I’tikaf

I’tikaf secara bahasa berarti menetap pada sesuatu. Sedangkan secara syar’i, I’tikaf berarti menetap di masjid dengan tata cara yang khusus disertai dengan niat.

Keutamaan I’tikaf

Di antara keutamaan i’tikaf, selain ia merupakan sunah yang dicontohkan Rosulullah, i’tikaf memiliki keutamaan yang besar. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Thabrani dan Baihaqi, walau sebagian ulama tidak bersepakat atas keshohihannya namun hadits ini dapat diterima dan digunakan untuk keutamaan amal, dalam hal ini adalah i’tikaf:

عنابنعباسرضىاللهعنهما “ومناعتكفيوماابتغاءوجهاللهجعلاللهبينهوبينالنارثلاتةخنادق) كلخندقأبعدممابينالخافقين . رواهالطبرانىوالبيهقىوالحاكموصححه

Dari ibnu Abbas ra: “Barang siapa beri’tikaf satu hari karena mengharap keridhoaan Allah, Allah akan menjadikan jarak antara dirinya dan api neraka sejauh tiga parit, setiap parit sejauh jarak timur dan barat. (HR. Thabrani, Baihaqi dan dishohihkan oleh Imam Hakim)

Imam Al-Khatib dan Ibnu Syahin meriwayatkan hadits dari Tsauban ra meriwayatkan:

روىالخطيبوابنشاهينعنثوبانأنالنبىصلىاللهعليهوسلمقال: ” مناعتكفنفسهمابينالمغربوالعشاءفىمسجدجماعةلميتكلمإلابصلاةوقرآنكانحقاعلىاللهتعالىأنيبنىلهقصرافىالجنة “.

Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang beri’tikaf antara Maghrib dan Isya di masjid, dengan tidak berbicara kecuali sholat dan membaca Al-Quran, maka Allah berhak membangunkan untuknya istana di surga.”

Baca entri selengkapnya »

Kumpulan Tausiyah Arifin Ilham plus Nasyid (Free Download)

Marhaban yaa Ramadhaan……. hampir mendekati akhir dari bulan mulia ini… Semoga dari hari ke hari kita semua selalu meningkat amalannya..

Saudaraku blogger… Berikut ane berikan petikan dari salah satu tausiyah.. Ga tau kenapa, sejuuuk banget pas dengerin tausiyah ini plus ada nasyidnya…

“Orang-orang beriman, hidupnya bukan untuk hidup.  tapi hidupnya untuk Maha Hidup. Hidupnya bukan untuk mati, tapi  justru mati itulah untuk hidup. Hidupnya untuk Maha Hidup. Dia tidak takut mati, Dia tidak cari mati, dan Dia tidak lupakan mati tapi justru Dia rindukan mati. Mengapa? Karena mati bukanlah wafat, karena mati bukanlah akhir dari kehidupan ini tapi awal dari kehidupan sebenarnya. Karena mati satu-satunya pintu berjumpa dengan-Nya. Kebahagian bagi kekasih. Saat-saat, detik-detik berjumpa dengan-Nya. Saat berjumpa, itulah kebahagiaan bagi orang-orang beriman yang mencintai Allah”

Petikan di atas ini salah satu tausiyah ust. Arifin Ilham.  (Tau kan ya Arifin Ilham, yang sering nongol ditivi)… Sebetulnya, tausiyah yang diberikan singkat. Namun setelahnya, ada nasyid mengiringi, kerennn deh!!!…. Arifin Ilham  dengan suara  dan cara penyampaian khas bikin ane makin semangat beribadah, utamanya di bulan Ramadhan ini.. yang Insyallah (bisa jadi) bulan Ramadhan terakhir kita.. Wallahualam… 🙂

Semoga bermanfaat, ane kasih linknya juga nih..

Baca entri selengkapnya »

Kumpulan Singkatan Gelar Akademik (Sarjana, Magister)

Marhaban ya Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa buat semua shobat blogger. Ane pribadi mohon maaf lahir batin yak kalo ada khilaf selama ngeblog, mohon maaf juga kalo tulisan di blog ane kurang update. hehe…

Oke sobat, ane ada sedikit informasi nih tentang gelar akademik. Berhubung adek ane baru diterima kuliah lewat jalur SNMPTN jalur tertulis dan uda kelar daftar ulang. Dan ane nemu buku panduan kuliah. Disitu ane liat  kumpulan singkatan gelar akademik lengkap dengan jurusan, sebutan gelar, dan singkatannya. Yang ane tergelitik posting itu soalnya ada gelar-gelar yang ane ga tahu. Contohnya, gelar untuk fakultas kedokteran. Ternyata, gelarnya macem-macem ya. Penting juga buat kita tahu gelar akademik si dokter. Misalnya kita mau ke dokter spesialis dan mau berobat mata. Emang sih biasanya ada petunjuknya, dokter mata tapi kita juga harus tau bener ga sih gelar di belakang nama si dokter itu buat spesialis mata. Jangan-jangan dokter mata, tapi gelarnya Sp.OG (spesialis kandungan) wkwk… So, let’s check below….

Baca entri selengkapnya »

Tipe Mahasiswa Seperti Apa Kamu?

Kuliah itu masa penuh kenangan. Mengarungi dunia perkuliahan tentu tidak sama seperti sekolah dulu. Lebih banyak tipe orang dengan gaya yang berbeda. Berikut ane rangkum tipe-tipe mahasiswa berdasarkan fakta yang ada. Buat kalian eks mahasiwa, kira-kira anda bisa menebak seperti apa kita dahulu. Buat adek-adek yang mau lanjut kuliah, pilihlah tipe dengan hati nurani. Jangan salah pilih, setelah yakin coblos nomornya. #loh #mahasiswaonly. 

1. Mahasiswa perfeksionis = mahasiswa yg anti sama nilai B. sekali dpt B langsung guling2 ditanah dan galau 7 turunan.

2. Mahasiswa studyholic = duduk paling depan, sehari2 ngurung diri dalam kamar buat belajar. motto hidupnya “tiada hari tanpa belajar”

3. Mahasiswa idiopatik = ga jelas kehidupannya di kampus. kadang2 ada, kadang2 ga ada.

4. Mahasiswa poli-organisasi = aktif diberbagai organisasi kampus. motto hidupnya “banyak organisasi, banyak rezeki”

5. Mahasiswa pasrah = dapat E? ah tenang, kan ga cuman aku doang yang ga lulus

Baca entri selengkapnya »

Kumpulan Design Interior Kamar Tidur Part 2

Nah buat kalian, remaja-remaja yang juga doyan ngutek-ngutek kamar tidurnya. Nih, ada kumpulan design interior khusus buat kalian remaja cewek ato cowok. Semoga menginspirasi ya…

Design and Concept


%d blogger menyukai ini: