Berburu Takjil Gratis di Masjid-Masjid Jogja

Bismillahrahmanirahmin…..

Halo, halo sobat blogger dimanapun anda berada, ketemu lagi nih di blog muslimshare.  Lama banget ya ga update blog. Pas ane cek postingan terakhir di blog tertanggal 26 Desember 2013, wow sudah 5 tahun. Untung masih inget passwordnya, hehe…

Oh ya, btw ane sedang berada di Jogja nih untuk melanjutkan studi dan sebentar lagi akan kembali ke Palembang karena tahun ini tahun terakhir di Jogja Insyallah.

Kebetulan juga sedang bulan Ramadhan, ane mau sharing perjalanan ane dan temen-temen selama di Jogja dalam berburu takjil di masjid-masjid di Jogja. Maklum namanya juga mahasiswa qaqa, nyari yang gratisan. Ibarat pepatah dimana ada gula disitu ada semut, dimana ada yang gratis yaa disitulah mahasiswa beredar 😀

Jadi buat kalian-kalian yang belum pernah nyoba Ramadhan di Jawa wal bil khusus di Jogja, seperti mengerti keluh kesah kehidupan mahasiswa, setiap warga berlomba-lomba memberikan takjil gratis di setiap masjid di Jogja. Ada yang mewah, ada juga yang sederhana…. Baiklah kali ini, ane dan tim akan membidik masjid-masjid dengan takjil yang lumayan mewah dan tentunya tidak menghilangkan nuansa Ramadhannya yakni kajian menjelang berbuka

Langsung saja ya, simak perjalanan tim pemburu takjil di setiap masjid di Jogja. Jadi masjid-masjid dibawah ini adalah masjid yang pernah dikunjungi oleh tim selama bulan Ramadhan hingga hari ke-20

1. Masjid Jogokaryan
Masjid ini terletak di selatan Jogja tepatnya di jalan parangtritis. Buat yang pernah ke jogja dan main ke prawirotaman. Nah deket tu masjid sama kampungnya prawirotaman, tinggal jalan +/- 500 meter. Menelusuri masjid ini kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa gaul dengan hiasan lampion dan juga jualan takjil di kiri dan kanan bahu jalan. Setiap harinya masjid jogokaryan menyediakan sekitar 500 – 1000 porsi takjil dengan rincian satu piring nasi dengan sayur dan lauk (ciri khasnya pake piring), segelas air nanas, dan 3 butir kurma. Menurut ane masjid ini masjid paling indah dan meriah selama bulan Ramadhan. Seneng banget dengan suasana masjidnya, apalagi berbuka dapet di luar masjid sambil liat sunset, duh senja syahdu…

2. Masjid Kampus UGM
Masjid kampus mah ga perlu dijelaskan detail, uda nampak dari namanya kalo nih masjid ada di area kampus UGM di kampus UGM wilayah timur. Tiap hari ruamee banget. Kajian menjelang berbuka (samudra) diisi oleh ustad dan tokoh terkenal di jamannya. Kalo mau berbuka disini kudu dateng lebih awal untuk ngambil tiket takjil. Dateng terus g ada tiket, yaa bukanya dengan kurma aja. wkwkwk (pengalaman pribadi sih)

3. Masjid Gedhe Kauman
Masjid ini ada di samping alun-alun utara. Kalo dari jalan malioboro, perempatan km 0 tinggal lurus belok kanan, sampe deh. Masjid gedhe termasuk 3 besar masjid dengan pengunjung paling rame (baca:mahasiswa). Disini kita ga perlu pake tiket, tinggal dateng, ambil takjilnya terus duduk manis sambil nunggu adzan. Duduknya bisa di serambi luar lesehan dengan tiket atau bisa duduk di dalem (kalo masih ada tempat duduknya).

4. Masjid Syuhada
Masjid syuhada terletak di kota baru. Berbukanya cukup unik, satu bakul nasi untuk 4 orang, duduk berempat, dan ga perlu takut kehabisan takjil karena semuanya sudah dihidangkan di serambi luar masjid. Kalo beruntung bisa dapet kolak pisang yang ada di pintu masuk masjid.

5. Masjid Nurul Islam
Masjid nurul islam ini masjid favorit karena deket dengan kos. Posisinya cukup startegis karena ada di jalan jakal bawah km 5. Takjilnya ganti terus menunya tiap hari. Yang paling duluan dateng masjid (start kajian 16.30) dapet kotak nasi yang paling gede. Terus akan mulai menyusut ukuran kotaknya seiring dengan waktu mendekati maghrib. Kalo dateng telat, yaa dapet kotanya kecil. Tapi kadang juga bisa dibilang beruntung arenan kotak nasinya diganti nasi padang sederhana. Kan enak bener. wkwk. Pesan : masih bisa dapet kotak gede seperti gambar dibawah dan datang 15 menit sebelum adzan asal ada temen yang berbaik hati ngambilin 😀

takjil masjid nurul islam jakal

6. Masjid Nurul Ashari Deresan
Masjid nurul ashri deresan adalah masjid yang paling tersohor di Jogja karena sering jadi tempat persinggahan ustad2 beken di jamannya sebut saja Ustad Abdul Somad, Ust. Hanan Attaki, Syech abdul rachman al ausy dan masih banyak lagi. Kajian menjelang berbuka puasa pun juga sangat oke, kebetulan tema pas kita dateng tuh tentang branding dalam Islam oleh ust Andika. Takjilnya juga variatif nih, dapet kurma buah aqua gelas dan nasi bungkus. Top dah.

7. Masjid Suciati Saliman
Nah ini masjid baru yang ada di kota Sleman. Megah dan gagah itu kesan kita pertama liat masjid ini. Masjid ini didirikan atas wakaf oleh keluarga Suciati. Ini masjid viral di sosmed dan masuk ke detik.com. Siangnya masuk detik, sorenya kita datengin deh buat bukber alias berburu takjil. Infonya makanannya prasmanan, eh ternyata bener prasmanan, nasi ambil sepuasnya, sayur juga, tapi lauknya ga boleh dua. Dapet es kolak dan buah juga. Ga cuma mewah masjidnya, mewah juga takjilnya. Dalem masjidnya juga takjub. Nyaman banget buat taraweh 8 ham, eh…

8 Masjid At-Taqwa Minomartani
Masjid ini ada di utara, bisa dari kampus UPN ke utara dikit. Takjilnya dibagiin pas habis sholat maghrib,so jangan buru2 dateng yaa gaes. Tapi jujur, menunya bikin kenyang, dapet sate dan bisa nambah nasi. Wkwk….

9. Masjid Pogung Raya (MPR)
Masjid ini dikenal dengan MPR. Teletak di pusat kos pogung, MPR menyuguhkan cara yang berbeda untuk berbuka puasa. Setiap orang yang dateng akan mendapatkan kupon (jam berapapun datengnya, asal kupon masih ada). Nanti kalo pas berbuka harus duduk sesuai no kupon. Ada kajian menjelang berbuka dan imam sholatnya juga masih muda2 dan bacaannya juga bagus.

MPR

10. Masjid Pogung Dalangan (MPD)
Masjid ini berdampingan dengan MPR, namun MPD berbeda dengan MPR dalam penyajian takjil. Tidak perlu kupon, temen2 nanti dihimbau untuk naik ke lantai dua masjid (setelah renovasi masjid) untuk duduk sesuai dengan jatah takjil. Tenang, ga perlu cemas semua akan kebagian karena sudah disedikan takjil dengan jumlah yang sangat banyak

11. Masjid Al-Kautsar
Nah masjid al kautsar ini ada di daerah pogung, letaknya cukup unik ada di lantai bawah (underground). Takjilnya juga mewah selain nasi dan kompratiotnya, juga disedikan roti untuk makan habis taraweh, hehe…

12. Masjid Nur Alfattah Santan
Terkakhir adalah masjid nur al fattah santan yang ada di seberang Transmart Maguwo. Masjidnya ga terlalu besar tapi nyaman karena ada AC nya. Takjilnya dibagikan setelah sholat maghrib. Bagi yang g kuat dan gemeteran karenan belum makan sebelum sholat disarankan bawa cemilan atau nasi bungkus sendiri. hehe

Sebetulnya ada banyak lagi masjid-masjid dengan suasana yang asyik untuk berbuka di Jogja namun karena keterbatasan waktu ane dan tim, jadi cukup 12 masjid aja dulu ya.Silakan yang punya pengalaman bisa berbagi di kolom komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: